Senin, 20 Juni 2011

QUIS MATERI WEWENANG DAN PENDELEGASIAN ( DASAR-DASAR MANANEMEN)

Jawablah pertanyaan dibawah ini :
1. Kenapa wewenang dalam pendelegasian sangat dibutuhkan ? Uraikan jawaban beserta contoh kasus
2. Apa yang anda ketahui tentang pendelegasian ? uraikan jawaban anda
3. Kenapa pendelegasian perlu dilakukan dalam organisasi ? berikan contoh jawaban anda
4. Bagaiamana cara mendelegasikan tugas kepada para bawaan ? jelaskan
5. Sebutkan sebab-sebab kegagalan dalam pendelegasian tugas ? sebutkan dan jelaskan beserta contohnya

JAWAB :
1. Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Mengapa wewenang sangat dibutuhkan dalam pendelegasian dikarenakan siapa pun yang memberikan pendelegasian ialah orang yang memiliki wewenang/hak yang lebih tinggi dibanding yang melakukan pendelegasian.

Contoh : apabila seorang chef yang sedang melakukan tugas di luar negeri selama seminggu, lalu memberikan pendelegasian kepada bawahannya/sous chef, agar melaksanakan tugasnya secara baik selama dia berada di luar negeri, dan melaporkan semua kegiatan yang diberikan pada waktu chef kembali bekerja.

2. Pendelegasian adalah pelimpahan tugas atau pun wewenang kepada bawahan karena pimpinan memiliki pekerjaan yang lebih penting dan pendelegasian ini bersifat sementara sampai pimpinan selesai menyelesaikan tugasnya tersebut. pendelegasian tugas atau wewenang memiliki tujuan untuk membina bawahan agar dapat berkembang, agar atasan dapat mengerjakan tugas yang lebih penting.

3. a. Supaya manajer mencapai lebih dari bila menangani tugas sendiri
b. Proses agar organisasi dapat berfungsi lebih efisien dan efektif
c. Agar para bawahan tumbuh dan berkembang dalam bekerja
d. Para manajer mengerjakan tugas – tugas prioritasnya

Contoh : pendelegasian sangat perlu dalam suatu organisai dikarenakan kita dapat mengetahui bawahan yang memiliki sifat yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya dalam melaksanakan tugasnya, serta manajer pun tidak bisa menghandle pekerjaan nya jika tidak dibantu oleh bawahannya, jadi pendelegasian sangatlah penting dalam suatu organisasi.

4. a. Menetapkan pendelegasian dan memberikan tujuan serta tugas kepada bawahan sebelum mendelegasikan tugas. Atasan harus menetapkan tujuan dari pendelegasian tugas tersebut apakah untuk membina karyawan agar lebih berkembang atau agar dapat mengerjakan pekerjaan yang lebih penting.
b. Pendelegasian adalah melimpahkan wewenang yang diperlukan untuk mencapi tujuan atau tugas. Dalam pendelegasian, tugas harus disertai dengan pelimpahan wewenang karena jika tidak, maka penyelesaian tugas yang diberikan tidak berjalan lancaar.
c. Penerimaan delegasi, baik implisit dan eksplit menimbulkan kewajiban atau tanggung jawab bagi bawahan yang menerima delegasi.
d. Pendelegasian menerima pertanggungjawaban bawahan untuk hasil yang dicapai. Setelah pendelegasian tugas selesai dikerjakan maka bawahan memiliki kewajiban untuk mempertanggung jawabkan semua yang telah dikerjakan dengan cara membuat laporan untuk proses evaluasi.

5. Sebab kegagalan dalam pendelagasian tugas :
a. Manajer merasa berkurang haknya dalam memutuskan sesuatu
b. Manajer tidak mau menghadapi resiko atas kegagalan tugas
c. Manajer tidak percaya atas kemampuan bawahannya
d. Karyawan kurang percaya diri akan kemampuannya
e. Karyawan merasa akan membuat kesalahan dan menerima kritikan

Contoh : Dalam hal ini, seorang chef yang mendelegasikan tugasnya kepada sous chef, akan tetapi sous chef tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik yang mengakibatkan restaurant mengalami kerugian dikarenakan food cost yang terlalu rendah. Oleh karena itu, sebelum mendelegasikan tugas/wewenang hendaknya dipahami benar tingkat kemampuan bawahan yang akan diberikan delegasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar